Tingkatkan Minat Baca, Dinas Arpus Gelar Road Show di Bener Meriah

Bener Meriah – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Arpus) Aceh menggelar road show Perpustakaan dan minat baca yang digelar, Kamis (11/07/2019) dilapangan Balee Atu, Simpang Tiga, Bener Meriah.

Road show Perpustakaan dan minat baca ini yang dibuka langsung oleh bupati Bener Meriah Teungku Syarkawi ini menghadirkan nara sumber, Wakil Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Aceh, Dr Dyah Erty Idawati ST MT, Kepala Dinas Arpus Aceh, Dr Wildan M.Pd dan Tgk. H Dr Yusra Habib Abdul Qari.

Dr Dyah Erty Idawati ST MT, Wakil Ketua TP-PKK Aceh saat disambut penari guel dalam acara road show Perpustakaan dan minat baca di Bener Meriah

Road show ini dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan peningkatan sumber daya manusia dimasyarakat melalui perpustakaan. Dyah Erty Idawati ST MT menyampaikan kiat – kiat agar masyarakat menyisihkan waktunya untuk membaca, dan menggemakan membaca baik dikeluarga maupun dilingkungan masyarakat.

“Minat baca kita untuk Indonesia cukup rendah, hal ini berlawanan dengan masyarakat luar negeri, dimana masyarakat luar negeri membaca sudah menjadi kebutuhan, oleh karena itu budaya, kebiasan – kebiasan (buruk) sudah seharusnya kita ubah menuju budaya dan kebiasa gemar mambaca,” ujar Dyah Erty Idawati ST MT.

Dr Dyah Erty Idawati ST MT, Wakil Ketua TP-PKK Aceh saat memberikan materi dalam acara road show Perpustakaan dan minat baca di Bener Meriah

Kurangnya minat baca dikalangan masyarakat juga terkait akses terhadap perpustakaan maupun ketersediaanya buku bacaan, Kepala Dinas Arspus Aceh Dr Wildan M.Pd, mengatakan pihaknya siap mengantarkan bahan – bahan bacaan hingga kepelosok dengan menggunakan mobil perpustakaan keliling.

“Kita akan jemput bola, dimana tahun depan kita menganggarkan 7 mobil perpustakaan keliling, yang nantinya akan mengantarkan buku hingga daerah – daerah terpencil,” ujar Dr Wildan M.Pd.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh, Dr Wildan M.Pd saat memberikan materi

Acara road show ini sukses menarik perhatian masyarakat yang mengunjungi lapangan Balee Atu, Simpang Tiga, Bener Meriah tempat berlangsungnya Pekan Inovasi Pemberdayaan Masyarakat Gampong (PIPMG) se Aceh.

Share