Untuk Menarik Minat Pengunjung, Dinas Arpus Berbagi Ilmu Pengelola Perpustakaan

Pidie – Dinas perpustakaan dan Kearsipan (Arpus) Aceh saat ini terus berupaya meningkatkan minat baca dikalangan masyarakat, dengan berbagai program, baik penambahan koleksi buku bacaan, peningkatan fasilitas perpustakaan dan juga peningkatan kapasitas pengelola perpustakaan.

Untuk menunjang hal tersebut Dinas Arpus Aceh menggelar Sosialisasi/Penyuluhan perpustakaan bagi pengelola perpustakaan umum dan sekolah, yang dilaksanakan di hotel In Syariah Cempaka Hotel, Kabupaten Pidie, pada tanggal 8 – 9 Sepetember 2019.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh yang diwakili Kepala Bidang Pembinaan, pengembangan dan pengawasan, Mustika Hayati, dalam kata sambutannya mengatakan kegiatan tersebut bertujuan, meningkatkan  kemampuan  dan  pengetahuan pengelolaan perpustakaan umum dan perpustakaan sekolah.

“Selain itu juga untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan pemanfaatan layanan peprustakaan di lingkungan sekolah secara lebih maksimal,”ujar Mustika, Selasa (08/10/2019).

Sementara itu Bupati Pidie yang diwakili Asisten III Setda Kabupaten Pidie, Muti’in S.Ip, MS.i mengatakan, Pemerintah Kabupaten Pidie, menyambut baik dan menyampaikan apresiasi yang tinggi dengan digelarnya Sosialisasi/Penyuluhan perpustakaan bagi pengelola perpustakaan umun dan sekolah dikabupaten tersebut.

Dimana pemerintahan Kabupaten Pidie berharap dengan sosialisasi tersebut para pengelola perpustakaan dapat menggerakan masyarakat untuk meningkatkan literasi.

“Kita mengharapkan sosialisasi ini dapat memberikan motivasi bagi para pengelola perpustakaan untuk menjadikan perpustakaan sebagai tempat yang menarik untuk dikunjungi,” ujar Muti’in S.Ip, M.Si.

Muti’in S.Ip, M.Si. menambahkan perpustakaan memiliki peranan yang signifikan untuk mendukung gemar membaca dan meningkatkan literasi informasi, oleh karena itu minat kunjung perpustakaan bisa meningkat dengan adanya rasa ketertarikan, dan untuk menjadikan perpustakaan tersebut menarik, para pengelola merupakan unjung tombak dalam hal tersebut. Maka para pengelola sangat penting untuk terus diasah kemampuannya dengan informasi – informasi terbarukan mengenai pengelolaan perpustakaan

Share