21 Siswa se Aceh Ikut Lomba Bercerita

Banda Aceh – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Arpus) Aceh menggelar lomba bercerita bagi siswa-siswi SD/MI tingkat Provinsi Aceh Tahun 2019 yang diikuti 21 peserta dari Kabupaten/Kota se Aceh, yang dilaksanakan dihotel Mekkah, Banda Aceh.

Lomba bercerita ini bertujuan untuk menumbuhkan minat baca di kalangan murid SD/MI terhadap buku – buku sejarah dan kepahlawanan, maupun legenda daerah, sekaligus melestarikan budaya daerah melalui cerita rakyat dan menumbuhkan rasa kekaguman anak – anak terhadap khasanah budaya Aceh.

“Bercerita maupun mendogeng merupakan kebiasaan masyarakat Aceh, masyarakat Melayu pada umumnya, maka itu perlu kita lestarikan dan menjaganya, kalau tidak dipupuk lama kelamaan budaya ini akan hilang,” ujar Dr Wildan M.Pd, Kepala Dinas Arpus Aceh, saat pembukaan lomba, Rabu (31/07).

Dr Wildan M.Pd mengharapkan dari event lomba bercerita yang digelar Dinas Arpus ini nantinya bisa melahirkan pencerita atau pendongeng hebat yang dapat dijadikan sebagai profesi.

Selain itu dengan rutinya lomba bercerita ini digelar, akan menambah minat anak – anak untuk gemar membaca, yang dimulai dari membaca buku – buku cerita sejarah, kepahlawanan maupun legenda, sehingga merangsa anak untuk menjadikan membaca kegiatan rutin, sehingga anak – anak memiliki wawasan, meningkatkan kreativitas, sekaligus mengasah mental saat mengikuti lomba bercerita.

Juara pertama dalam lomba bercerita tingkat Provinsi ini nantinya akan mewakili Aceh dalam event lomba bercerita tingkat Nasional.

Share