Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh Menyelenggarakan Lomba Pustakawan Berpretasi

Banda Aceh – Penyebaran virus Covid-19 berdampak hampir pada setiap sektor tidak terkecuali pada Perpustakaan, dimana pada masa pandemi ini layanan perpustakaan sedikit terhambat, yang biasanya masyarakat bebas untuk mengunjungi perpustakaan, namun pada masa pandemi ini adanya pembatasan jumlah kunjungan masyarakat.

Hal tersebut menjadi tantangan tersendiri khususnya bagi Pustakawan sebagai garda terdepan untuk menginisiasi prosedur dan tatacara baru dalam memberikan layanan perpustakaan bagi pemustaka. Inovasi-inovasi dalam pengembangan perpustakaan mendesak untuk dilakukan agar penyelenggaraan perpustakaan dapat berjalan optimal ditengah berbagai pembatasan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian penyebaran virus Covid-19.

“Saat ini Pustakawan benar – benar diuji kemampuannya, untuk menghadirkan inovasi – inovasi baru, ide – ide baru dan kreatif agar masyarakat dapat tetap meminjam buku, membaca, dunia literasi terus meningkat dimasa pandemi ini,” ujar Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh, Edi Yandra, S.STP, M.SP, saat pembukaan lomba pemilihan Pustakawan berpretasi, Senin (21/06/2021), yang berlangsung dengan protokol kesehatan ketat, di aula Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh.

Pemilihan pustakawan berprestasi terbaik 2021 dilaksanakan secara berjejang dari tingkat daerah/provinsi sampai dengan tingkat nasional. Untuk wilayah Aceh pelaksanaan lomba pemilihan pustakawan berprestasi diikuti oleh 11 orang, yang terdiri dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh,  Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten/Kota, Perguruan Tinggi dan Sekolah MAN 1  serta sekolah SUPM Negeri Ladong.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh, Edi Yandra, S.STP, M.SP, mengharapkan pustakawan terbaik berprestasi tingkat provinsi Aceh nantinya dapat mengharumkan nama Aceh dipemilihan tingkat nasional, oleh sebab itu, Edi Yandra, S.STP, M.SP, meminta para pustakawan untuk serius mengikuti kegiatan tersebut.

“Saya kira kita sangat mampu untuk berkiprah ditingkat nasional, untuk itu para bapak, ibu, hadiran semua untuk benar – benar serius mengikuti kegiatan ini,” ujar Edi Yandra, S.STP, M.SP.

Share