Kepala Badan Arsip dan Perpustakaan Aceh Menyerahkan Buku Bacaan Ke Dayah Darussa’adah

DSC_2280

 

Bireuen – Kepala Badan Arsip dan Perpustakaan Aceh, Drs Anas M Adam MPd menyerahkan 200–an buku berbagai ilmu pengetahuan kepada santri Dayah (Pesantren) Darussa’adah, Desa Cot Tarom Baroh, Kecamatan Jeumpa, Bireuen, Selasa (25/8/2015).

Hal ini sebagai upaya Badan Arsip dan Perpustakaan Aceh meningkatkan minat baca dikalangan masyarakat khususnya bagi santri Dayah. Buku bacaan tersebut diterima langsung Pimpinan Dayah Darussa’adah Cabang Cot Tarom Baroh, Teungku Muhammad Ishak yang lebih akrab disapa Abon Cot Tarom.

Kepala Badan dan Perpustakaan Aceh Drs Anas M Adam MPd mengatakan penyerahan buku kepada santri pesantren juga sebagai bentuk survey untuk melihat sejauh mana tingkat dan minat baca santri dayah di Aceh. Dia sangat kaget melihat para santri berkerumun untuk memilih buku bacaan yang diserahkan pihaknya.

“Selama ini cenderung buku-buku tentang pengetahuan umum dan berbagai ilmu pengetahuan hanya ditujukan ke sekolah umum, padahal santri di pesantren juga sebenarnya butuh buku bacaan umum untuk menambah wawasan pengetahuan,” kata Anas.

DSC_2401

Begitu melihat minat santri di sana, dia berkesimpulan ke depan mesti lebih banyak buku cetak dengan berbagai ilmu pengetahuan dapat diperuntukkan ke pesantren di Kabupaten Bireuen yang terkenal dengan salah satu daerah kota santri, bahkan ke seluruh pesantren di Aceh.

“Ke depan juga perlu kiranya di dayah-dayah ada suatu ruangan khusus untuk pustaka, supaya buku-buku dapat terdata dengan baik dan administrasi pinjam meminjam juga jelas selain buku dapat terawat dengan baik,” katanya.

Drs Anas M Adam MPd juga mengharpakan buku bantuan tersebut dapat di manfaatkan dan ditata rapi selayaknya perpustakaan di Dayah – dayah.

“Kita juga telah melatih para pengelola perpustakaan Dayah dalam pengetahuan dan kecakapan kecakapan dalam mengelola pustaka dengan baik,” ujar Anas M Adam.

One comment

  1. Luar biasa! Semoga saja semakin banyak fasilitas-fasilitas perpustakaan untuk rakyat sepert ini agar rakyat Indonesia semakin gemar membaca dan pintar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Cara Pintar Tanpa Bayar, Ayo ke Perpustakaan