Roadshow Pengembangan Minat Baca dan Storytelling di Aceh Timur

Kata Sambutan dari Kepala Badan Arsip dan Perpustakaan Aceh, Drs. Anas M, Adam, M. Pd

Kata Sambutan dari Kepala Badan Arsip dan Perpustakaan Aceh, Drs. Anas M, Adam, M. Pd

 

Roadshow pengembangan minat baca adalah salah satu program yang dijalankan oleh Bidang Layanan Badan Arsip dan Perpustakaan Aceh, di samping acara-acara lainnya. Kegiatan ini menyentuh langsung pada akar permasalahan yang dihadapi oleh para generasi penerus bangsa khususnya pelajar, yaitu rendahnya minat baca. Menyikapi hal tersebut di atas, maka melalui acara roadshow Perpustakaan dan Story Telling ini diharapkan dapat menumbuhkan minat yang besar di kalangan pelajar. Hal ini terbukti dari antusiasnya pelajar dalam mengikuti kegiatan ini. Mengapa dipilih siswa untuk sasaran kegiatan? Karena siswa merupakan salah satu mediator dalam upaya penyebarluasan informasi untuk kalangan disekitarnya.

Sesi tanya jawab pada saat roadshow

Sesi tanya jawab pada saat roadshow

Storytelling merupakan sebuah seni bercerita yang dapat digunakan sebagai sarana untuk menanamkan nilai-nilai pada anak yang dilakukan tanpa perlu menggurui sang anak. Storytelling merupakan suatu proses kreatif anak-anak dalam perkembangannya, senantiasa mengaktifkan bukan hanya aspek intelektual saja tetrapi juga aspek kepekaan, kehalusan budi, emosi, seni, daya berfantasi, dan imajinasi anak yang tidak hanya mengutamakan kemampuan otak kiri tetapi juga otak kanan. Berbicara mengenai storytelling, secara umum semua anak-anak senang mendengarkan storytelling, baik anak balita, usia sekolah dasar, maupun yang beranjak remaja bahkan orang dewasa.

Dalam kegiatan storytelling, proses bercerita menjadi sangat penting karena proses inilah nilai atau pesan dari cerita tersebut dapat sampai pada anak. Pada saat proses storytelling berlangsung terjadi sebuah penyerapan pengetahuan yang disampaikan pencerita kepada audience. Proses inilah yang menjadi pengalaman seorang anak dan menjadi tugas gurulah untuk menampilkan kesan menyenangkan saat bercerita.

Storytelling bersama siswa/i taman kanak-kanak

Storytelling bersama siswa/i taman kanak-kanak

Kegiatan ini diselenggarakan di Kantor Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Aceh Timur pada tanggal 14 April 2015, turut dihadiri oleh Drs. Anas M, Adam, M. Pd, Kepala Badan Arsip dan Perpustakaan Aceh, Drs. Syubki, Kepala Kantor Badan Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Aceh Timur, serta jajaran instansi lainnya.

 

Kegiatan roadshow dan Storyttelling Kab. Aceh Timur ditutup dengan pembagian doorproze kepada para siswa/i yang hadir

Kegiatan roadshow dan Storyttelling Kab. Aceh Timur ditutup dengan pembagian doorprize kepada para siswa/i yang hadir

3 comments

  1. It’s going to be finish of mine day, but before ending I am reading this wonderful article to improve my knowledge.|

  2. Very interesting subject , appreciate it for posting . “Nobody outside of a baby carriage or a judge’s chamber believes in an unprejudiced point of view.” by Lillian Hellman.

  3. Results Personal Training based in Hampstead, North London, are specialist in Fat Loss, using
    a holistic approach to diet and exercise.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Cara Pintar Tanpa Bayar, Ayo ke Perpustakaan