Badan Arpus Aceh mengapresiasi lahirnya “Prajurit Pendekar Baca” Kodim 0110 Blang Pidie.

1

Banda Aceh – Kepala Badan Arsip dan Perpustakaan (Arpus) Aceh, Drs, Hasanuddin Darjo mengapresiasi lahirnya “Prajurit Pendekar Baca” Kodim 0110 Blang Pidie, Aceh Jaya. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan minat baca di Aceh Jaya, dan Aceh pada umumnya.

“Prajurit Pendekar Baca” merupakan prajurit TNI dari Kodim 0110 Blang Pidie yang berkeliling kedesa-desa di Aceh Jaya menggunakan “Kereta Pintar” untuk mengantarkan sejumlah buku bacaan perpustakaan pada masyarakat setempat.

“Hal ini sangat membantu pemerintahan Aceh dalam mewujudkan Aceh pintar dengan membaca, Kami sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan prajurit TNI dari Kodim 0110 ini dalam hal mencerdaskan bangsa,” ujar Drs. Hasanuddin Darjo.

DSC_1722

Drs, Hasanuddin Darjo menambahkan menurut data, di Aceh jumlah masyarakat yang gemar membaca hanya 0,001 persen dari jumlah masyarakat keseluruhan. Oleh karena itu dengan hadirnya “Prajurit Pendekar Baca”sangat membantu pemerintahan dalam rangka mencerdaskan bangsa.

“Saya berharap ini dapat menjadi motivasi didaerah lain di Aceh bahkan di Indonesia, untuk melakukan hal semacam ini, hingga minat baca terus meningkat,” tambahnya.

Sementara itu Dandim 0110 Letkol Inf Suhartono menyatakan, hal yang dilakukan oleh pasukannya merupakan tugas aparat TNI dalam membantu pemerintah dan mencerdaskan bangsa. Dimana pasukannya dengan bangga dan iklas melakukan hal tersebut.

DSC_1781

“Awalnya kita lakukan hal ini semata-mata hanya untuk membatu masyarakat untuk dapat membaca, dengan kehadiran anggota kita kepelosok – pelosok desa yang tidak terjangkau buku bacaan, kita juga bangga dan tidak menyadari hal ini disambut antusias oleh masyarakat,” kata  Letkol Inf Suhartono.

Letkol Inf Suhartono berharap kedepannya pihak Badan Arpus Aceh dapat menyediakan buku – buku lebih banyak lagi dan lengkap sehingga minat baca masyarakat terus meningkat dan merata disegala sektor.

(sumber : Tim Liputan Pelestarian Arsip)

Share