Peringatan Hari Kunjung Perpustakaan Provinsi Aceh 2017

BANDA ACEH – Maman Abdullah dan Siti Ifrohatis dinobatkan sebagai Raja dan Ratu Baca Tahun 2017. Penobatan itu dilakukan dalam acara Hari Kunjung Perpustakaan Tingkat Provinsi di Gedung Serbaguna Amel Convention Hall Banda Aceh, Kamis (12/10) pagi. Dalam acara yang dilaksanakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh ini, juga dilakukan penyerahan hadiah kepada para juara aneka lomba yang digelar oleh dinas tersebut.

Atas prestasi itu, Maman dan Siti berhak atas hadiah berupa penghargaan dan uang pembinaan masing-masing Rp 10 juta. Mereka terpilih sebagai raja dan ratu baca tahun ini setelah menyisihkan enam finalis lainnya yaitu Amalia Filianda (favorit 1), Rahmayani (favorit 2), Nova Safrianti, Heri Mulyadi, Rian Rahmad, dan Saiful Anwar.

Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Aceh, Zulkifli SPd MPd, menjelaskan, tujuan dilaksanakan Hari Kunjung Perpustakaan Tingkat Provinsi itu antara lain untuk menumbuhkembangkan minat dan budaya baca dalam rangka mewujudkan program Gubernur yaitu Aceh Caroeng (Aceh Pandai) melalui berbagai bacaan atau buku dalam membangun karakter, kecerdasan, dan inovasi masyarakat.

Karena itu, menurut Zulkifli, pada Hari Kunjung Perpustakaan tersebut dilakukan penobatan raja dan ratu baca, serta penyerahan hadiah untuk pemenang sejumlah even dan lomba yang dilaksanakan pihaknya. Lomba itu, sebut Zulkifli, meliputi lomba pustakawan berprestasi, lomba perpustakaan sekolah, dan lomba perpustakaan gampong.

“Dalam acara tersebut, kita juga memberikan penghargaan kepada dua peminjam terbanyak tahun ini yaitu Novi Ariani dan Nurul Faizah, pengunjung terajin termuda yaitu Fuad Ahmad Gibran, pengunjung terajin tertua yaitu T Rusli, dan pengunjung teraktif,” rinci Zulkifli yang juga Ketua Panitia Hari Kunjung Perpustakaan Tingkat Provinsi Tahun 2017.

Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf, yang Staf Ahli Bidang Perekenomian Keuangan dan Pembangunan, Ir T Syakur, saat membuka acara itu, antara lain mengatakan, Pemerintah Aceh melalui dinas terkait akan terus mengembangkan berbagai fasilitas dan koleksi buku di perpustakaan daerah. “Kami berharap masyarakat dapat memanfaatkan perpustakaan untuk kegiatan edukatif, informatif, rekreatif, dan kebutuhan penelitian,” ungkap T Syakur saat membacakan sambutan tertulis Gubernur.

Acara itu turut dihadiri anggota DPRA, kepala SKPA, Kadis Perpustakaan dan Kearsipan dari sejumlah kabupaten/kota, pelajar, mahasiswa, guru, tokoh/lembaga/komunitas di perpustakaan, dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Sumber : http://aceh.tribunnews.com/2017/10/13/maman-dan-siti-raja-dan-ratu-baca-2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Cara Pintar Tanpa Bayar, Ayo ke Perpustakaan